Peranan
TIK dalam bidang bisnis sangat besar karena tujuan dari bisnis adalah untuk
mencari keuntungan yang diperoleh dari hasil transaksi, baik barang maupun
jasa. Penggunaan alat bantu TIK merupakan keharusan untuk mengembangkan dan
memajukan bisnis. Pada bidang bisnis, biasanya sistem komputer digunakan untuk
memproses gaji, data statistik, dan akunting (keuangan). Sistem komputer
melakukan otomatisasi pekerjaan-pekerjaan rutin kantor. Banyak bisnis sudah
menggunakan sistem komputer untuk pengawasan stok barang, membuat laporan
keuangan, meramal, dan merencanakan bisnis masa depan. Bagi dunia bisnis,
jejaring telekomunikasi awalnya digunakan seperti halnya jejaring listrik,
distribusi air, dan jejaring utilitas lain. Ini merupakan sumber yang penting,
tetapi dulu perusahaan memiliki pengaruh yang kecil. Perusahaan-perusahaan
memiliki pilihan yang terbatas atas layanan yang diperoleh dari penyediaan
layanan yang dikelola secara monopoli. Hari ini, para pengguna korporat
meletakkan bersama keseluruhan jejaring di bawah kontrol mereka,
memotong-pintas jejaring publik sebagian atau sepenuhnya. Deregulation dan
teknologi digital baru telah mengizinkan perusahaan untuk secara sadar
merancang dan mengoperasikan jejaring telekomunikasi internal dan privat untuk
meningkatkan posisi kompetitif mereka. Apa yang dulunya merupakan biaya untuk
menjalankan bisnis, sekarang menjadi sumber keuntungan kompetitif.
Layanan
TIK sekarang digunakan oleh semua sektor ekonomik, mulai dari pertambangan dan
pertanian sampai layanan finansial, manufaktur dan kepariwisataan. Jejaring
privat ini hadir di semua industri global, di mana perusahaan multinasional
menjadi perusahaan jejaring. Para pengguna bisnis berskala besar memiliki
kebutuhan akan sistem yang cost-effective, leluasa, aman, automated, terpadu
dan terandalkan. Jika para penyedia layanan lokal tidak dapat memenuhi
kebutuhan ini, dengan biaya yang masuk akal, perusahaan-perusahaan besar
memiliki pilihan untuk mengembangkan sendiri jejaring privat. Perusahaan
multinasional telah dapat mengkoordinasikan produksi dan marketing dengan
sistem komunikasi berbasis satelit dengan kapabilitas video-conferencing, untuk
tujuan mengkoordinasikan pengembangan produk dan disain manufaktur.
Perusahaan-perusahaan
kecil lebih terbatas kemampuannya untuk mengembangkan jejaring TIK sendiri
ataupun untuk menyewa, karena besarnya biaya. Ini menjadi pilihan yang ekonomik
hanya jika organisasi tersebut cukup besar untuk menimbulkan cukup trafik untuk
menghasilkan penghematan. Oleh karena ini, perusahaan-perusahaan global
merupakan pihak-pihak yang pertama yang mengadopsi TIK baru. Sektor-sektor yang
sangat bergantung pada TIK mencakup, antara lain perusahaan-perusahaan layanan
finansial. Pada ruang lingkup yang lebih luas, sebagai contoh pada lingkungan
bisnis, kehadiran teknologi informasi mulai disadari dapat menghadirkan
berbagai solusi yang dapat membantu proses bisnis yang ada. Departemen TI pada
sebuah perusahaan mulai dibangun dan secara konstan diminta untuk mengembangkan
suatu layanan, mengembangkan suatu sistem, dan mengoptimalkan efesiensi bisnis
berbasis teknologi informasi.
Jenis-Jenis dari Bisnis
Informatika
Saat
ini, perkembangan bisnis informatika berkembang dengan pesat. Hal ini dapat
dilihat dari banyaknya usaha yang dibangun memanfaatkan perkembangan teknologi
informatika, contohnya warnet, jual- beli online ( e-commerce ), konsultan IT,
Software house, infrastuktur komputer dan masih banyak lagi. Maraknya
perkembangan bisnis informatika di indonesia tidak lepas dari sedang berkembang
pesatnya teknologi yang ada di indonesia dan banyaknya pengguna teknologi itu
sendiri. sebagai contoh, banyaknya e-commerce ( jual beli barang di internet )
yang terbentuk berbanding lurus dengan semakin banyaknya pengguna internet. Hal
inilah yang menjadi salah satu faktor penting pesatnya perkembangan bisnis
informatika di indonesia.
Dilihat dari faktor – faktor
diatas dapat disimpulkan saat ini bisnis informatika sedang berkembang pesat di
seluruh dunia, khususnya di indonesia. seiring dengan berkembangnya jaman tidak
bisa dipungkiri bahwa mungkin suatu saat nanti seluruh bidang bisnis akan
terhubung dengan bidang informatika
Jenis dan Tipe Bisnis di
Bidang Teknologi Informatika :
·
Produk
- Hardware / Perangkat Keras adalah bisnis yang melakukan penjualan terhadaphardware/perangkat keras.
- Software / Perangkat Lunak adalah bisnis yang melakukan pejualan terhadap software/perangkat lunak
·
Jasa
- Software House ( pembuatan software sesuai
permintaan ) adalah Seorang atau sekelompok orang atau perusahaan kecil yang
bergerak di bidang jasa pembuatan atau perbaikan perangkat lunak (software).
Software house biasanya menerima pembuatan atau perbaikansoftware, database,
website, program accounting lengkap, termasuk inventory management, purchasing/
selling products and services, Account based dan support online system,
IntelliGuard-EYE: program security kamera ( cctv/ webcam) dengan kemampuan
mendeteksi gerakan sehingga dapat memaksimalkan kapasitas hardware yang
tersedia jaringan & SEO bisa untuk semua jenis usaha ( Perusahaan, tokoh,
kasir, hotel, restaurant, maupun personal).
- E-commerce ( jual-beli online ) E-commerce merupakan suatu tindakan melakukan transaksi bisnis secara elektronik dengan menggunakan internet sebagai media komunikasi yang paling utama (Robert E. Johnson).
- Infrastruktur Komputer adalah bisnis Informatika yang menyediakan sebuah layanan informasi dan komputer, seperti Internet Service Provider, Jaringan Komputer, dll.
- IT consultant menangani konsultasi di bidang IT, meliputi saran bisnis, menyelesaikan masalah teknis maupun memperbaiki struktur dan efisiensi dalam sistem IT.
Rencana
Bisnis : Pengadaan Jasa Pembuatan AR
Teknologi
Informasi dan Komunikasi (TIK) telah berkembang sangat jauh saat ini baik
terhadap cara berkomunikasi, cara belajar, cara bekerja, cara bisnis, dan lain
sebagainya. karena banyak manfaat dalam pengembangan dibidang TIK ini, salah
satu manfaatnya yaitu dapat memperkenalkan suatu usaha yang dijalankan kepada
masyarakat umum. maka dari itu saya ingin membuat suatu usaha pengadaan jasa
pembuatan Augmented Reality.
Usaha yang saya buat ini
berkaitan dengan pembuatan augmented reality untuk :
· Promosi iklan suatu produk
Informasi yang ditampilkan
berupa objek/animasi 3D/2D, gambar, dan teks. Dengan begitu calon pelanggan
bisa mengetahui informasi produk dengan cepat dan jelas tanpa perlu
bertanya-tanya lagi
· Sarana Edukasi
Teknologi AR memiliki
aspek-aspek hiburan yang dapat meningkatkan minat belajar peserta didik untuk
memahami secara kongkret materi yang disampaikan melalui representasi visual
tiga dimensi, Saat ini game-game yang beredar mulai banyak menggunakan
teknologi ini. Dengan menggunakan augmented reality, maka game yang dimainkan
akan terasa lebih nyata dan kita serasa masuk ke dalam permainan tersebut.
· Sarana Hiburan
Saat ini game-game yang beredar mulai
banyak menggunakan teknologi ini. Dengan menggunakan augmented reality, maka
game yang dimainkan akan terasa lebih nyata dan kita serasa masuk ke dalam
permainan tersebut.
Saya
menjalankan usaha ini dengan beberapa teman saya yang juga ahli dibidang desain
grafis dan pembuatan Augmented Reality. Dengan bermodalkan komputer dan beberapa aplikasi
yang mendukung seperti Program Unity 3D Pro, Dengan Plugin Vuforia, AR
Toolkit, ARCore.
Dalam
penyebaran informasi usaha ini saya mengandalkan media online dan cetak. Media
online yang saya gunakan yaitu sosial media yang sudah banyak digunakan oleh
masyarakat seperti facebook, twitter, instagram. Selain sosial media saya juga
akan menyebarkan melalui e-commerce termasuk forum kaskus. Untuk media cetak
saya hanya membuat brosur untuk disebarkan.
Komentar :
Jasa
pembuatan ar ini menurut saya cukup menjanjikan, Untuk memujudkan usaha ini
tentu dibutuhkan keahlian dalam bidang AR dan komputer yang memiliki
spesifikasi tinggi agar memudahkan dalam mendesain objek dari ar yang akan
dibuat dan mempercepat proses compile project.
Jasa
pembuatan ar ini memiliki merupakan sesuatu yang saling menguntungkan bagi orang yang memilki
keahlian di bidang ar dan client. Untuk orang yang ahli dalam bidang AR
keuntungannya adalah bisa memanfaatkan keahliannya untuk menghasilkan uang, dan
untuk client bisa berupa suatu perusahaan, sebuah instansi pendidikan. keuntungannya
adalah :
· bisa
mengiklankan produknya dengan tampilan yang atraktif, menyenangkan dan unik.
Karena belum banyak perusahaan yang menggunakan AR sebagai media promosinya.
· meningkatkan
minat belajar peserta didik untuk memahami secara kongkret materi yang
disampaikan melalui representasi visual tiga dimensi.
0 komentar:
Posting Komentar