Rabu, 23 Oktober 2019

Tugas Softskill Pengantar Bisnis Informatika


1.   Definisi umum
·    Bisnis           : Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti “sibuk” dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
Dalam ekonomi kapitalis, dimana kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya. Pemilik dan operator dari sebuah bisnis mendapatkan imbalan sesuai dengan waktu, usaha, atau kapital yang mereka berikan. Namun tidak semua bisnis mengejar keuntungan seperti ini, misalnya bisnis koperatif yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan semua anggotanya atau institusi pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Model bisnis seperti ini kontras dengan sistem sosialistik, dimana bisnis besar kebanyakan dimiliki oleh pemerintah, masyarakat umum, atau serikat pekerja.
Secara etimologi, bisnis berarti keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Kata “bisnis” sendiri memiliki tiga penggunaan, tergantung skupnya — penggunaan singular kata bisnis dapat merujuk pada badan usaha, yaitu kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan. Penggunaan yang lebih luas dapat merujuk pada sektor pasar tertentu, misalnya “bisnis pertelevisian.” Penggunaan yang paling luas merujuk pada seluruh aktivitas yang dilakukan oleh komunitas penyedia barang dan jasa. Meskipun demikian, definisi “bisnis” yang tepat masih menjadi bahan perdebatan hingga saat ini.

·     TIK              : Teknologi informasi dan komunikasi mencakup dua aspek, yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi, mencakup segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan, teknologi komunikasi mencakup segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Maka, teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah suatu kesatuan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan dan transfer/pemindahan informasi antar media
·         Menurut Eric Deeson, Harper Collins Publishers, Dictionary of Information Technology, Glasgow,UK,1991
“Information Technology (IT) the handling of information by electric and electronic (and microelectronic) means.”Here handling includes transfer. Processing, storage and access, IT special concern being the use of hardware and software for these tasks for the benefit of individual people and society as a whole”
Dari penjelasan di atas dapat diartikan bahwa teknologi informasi adalah kebutuhan manusia didalam mengambil dan memindahkan , mengolah dan memproses informasi dalam konteks sosial yang menguntungkan diri sendiri dan masyarakat secara keseluruhan.

·       Menurut Puskur Diknas Indonesia, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)    mencakup dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi.

·       Teknologi Informasi adalah meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses,  penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi.

·       Teknologi Komunikasi adalah segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.
Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa      Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi adalah suatu padanan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang  segala kegiatan  yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer/pemindahan informasi antar media

·       Menurut Susanto ( 2002 ) informasi merupakan hasil dari pengolahan data namun tidak semua hasil dari pengolahan tersebut dapat menjadi informasi.
Jadi pengertian TIK adalah sebuah media atau alat bantu yang digunakan untuk transfer data baik itu untuk memperoleh suatu data / informasi maupun memberikan informasi kepada orang lain serta dapat digunakan untuk alat berkomunikasi baik satu arah ataupun dua arah.
Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan payung besar triminologi yang mencakup semua keperluan teknis untuk memperoses dan menyampaikan sebuah informasi, TIK memiliki dua aspek, yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi.
Teknologi informasi menliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, pemakian sebagai alat bantu, pengelolaan informasi, serta manipulasi informasi. Teknologi komunikasi merupakan semua hal yang berkaitan dengan pemakaian alat bantu untuk memperoses serta mentransfer dara dari perangkat satu ke perangkat lainnya.
Oleh sebab itu, teknologi informasi dan komunikasi merupakan dua buah konsep yang terpisahkan, maka Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi memiliki perngertian luas, yaitu segala jenis kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, pengelolaan, manipulasi, serta pemindahan informasi antar media.
Istilah TIK ada setelah adanya perpaduan antara teknologi komputer (perangkat keras ataupun lunak) dengan teknologi komunikasi pada pertengahan abad ke-20. Perpaduan teknologi tersebut berkembang sangat pesat melampaui bidang teknologi lainnya. Sampai awal abad ke-21, TIK masih terus mengalami berbagai perubahan dan belum terlihat titik jenuhnya.

·      Bisnis Informatika        : Bisnis informatika adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang yang memiliki nilai (value) dengan tujuan mendapatkan keuntungan (profit) yang dilakukan dengan bantuan teknologi informasi. Yang dimaksud teknologi informasi disini mencakup semua hal yang berkaitan dengan teknologi informasi, seperti internet. Bisnis informatika berkembang dengan pesat akhir – akhir ini seiring dengan berkembang pesatnya pula teknologi informasi. Karena Bisnis Informatika muncul karena adanya peluang yang terdapat di dalam suatu teknologi informasi. Tidak dapat di pungkiri sekarang internet sudah mengalami pergeseran kebutuhan di dalam masyarakat. Yang dahulu Internet merupakan suatu kebutuhan pelengkap atau masih merupakan kebutuhan yang “mewah” bagi sebagian masyarakat, sekarang menjadi suatu kebutuhan sekunder ataupun kebutuhan primer. Karena sekarang kita dapat semakin mudah dan murah untuk mendapatkan akses internet. Hal ini tidak lepas dari semakin berkembangnya teknologi informasi.

2.    AliExpress adalah sebuah perusahaan online shop global dibawah naungan AlibabaGroup.
Tidak seperti online shop di indonesia sebut saja lazada, tokopedia, dan bukalapak yang hanya ada di negara lokal. AliExpress ini online shop yang digunakan oleh seluruh negara. Kalau kita bandingkan itu seperti Amazon.com.

Teknik penjualan perangkat TIKPeluang usaha menjual produk di luar negeri menjanjikan keuntungan yang besar. Meskipun demikian, masih sedikit penjual yang berminat menekuninya.Bagi yang berminat ingin menjual produknya secara online, saatnya memanfaatkan situs e-commerce AliExpress sebagai medianya. Selain banyak dikunjungi pembeli, situs asal China ini juga mendapat ulasan positif dari para penjual.  
Berikut, cara untuk berjualan di AliExpress
         Mendirikan Toko Online

Bagi orang Indonesia yang ingin memiliki toko online di AliExpress, berikut beberapa langkah yang harus Anda lakukan.
1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengakses laman utama AliExpress di https://www.aliexpress.com.
2. Selanjutnya pilih opsi ‘Seller Center’ dan klik ‘Non-Chinese Seller Login’.
3. Akan muncul beberapa kolom yang meminta Anda mengisi beberapa informasi yakni email dan password.
4. Sebelum menekan tombol ‘Continue’ untuk melanjutkan ke tahapan selanjutnya, alangkah baiknya Anda membaca ‘Membership Agreement’. Hal ini sangat penting agar Anda mengetahui konsekuensi serta keuntungan yang didapatkan bila berjualan di AliExpress.
5. Bila setuju, centang kolom di ‘Agree Membership Agreement’ kemudian tekan ‘Continue’.
6. Langkah selanjutnya, Anda akan diminta untuk mengecek email dan menemukan kode verifikasi yang dikirim oleh AliExpress.
7. Cantumkan kode verifikasi tersebut di kolom yang tersedia kemudian tekan ‘OK’.
8. Pada tahapan selanjutnya, Anda harus mengisi kelengkapan data mengenai bisnis Anda. Disini juga akan diminta informasi mengenai NPWP serta detail rekening yang akan Anda gunakan.
9. Tekan ‘Next’ dan proses pendaftaran akun Anda telah selesai. Namun, Anda belum bisa langsung menggunakannya karena harus diaudit dulu oleh tim AliExpress.
10. Bila berhasil, Anda akan dikirimi email pemberitahuan. Anda pun bisa langsung menjalankan cara jualan di AliExpress.

Persiapan Menjual Produk
• Setelah sukses login ke aplikasi, saatnya untuk memajang produk yang akan Anda jual. Untuk menambah barang, pilih opsi ‘Product Center’ kemudian klik ‘Add New Product.’
• Langkah selanjutnya adalah memilih opsi bahasa yang akan Anda gunakan pada akun Anda serta bahasa yang akan digunakan pada tampilan produk. Terdapat 17 macam bahasa berbeda yang bisa Anda pilih.
• Untuk memudahkan pelanggan, Anda bisa menggunakan opsi multi bahasa. Sistem ini secara otomatis menerjemahkan bahasa sesuai dengan lokasi dimana calon konsumen Anda berada.
• Selanjutnya lengkapi informasi mengenai produk baru yang akan Anda jual. Mulai dari deskripsi hingga foto produk.
• Pilih warna dan ukuran produk kemudian juga atur jumlah stok yang tersedia serta harga pada masing-masing item.
• Setelah itu, tulis informasi mengenai pengemasan dan proses pengiriman.
• Klik ‘Submit’ dan tunggu proses verifikasi dari pihak AliExpress. Biasanya proses tersebut akan berlangsung dari 1 hingga 3 hari waktu kerja.
Bila produk disetujui, maka pelanggan bisa langsung melihat display produk di toko Anda.

·                          Mendekorasi Toko di AliExpress
Salah satu keuntungan menggunakan AliExpress yakni Anda bisa membuat tampilan toko online menjadi sangat menarik, layaknya website jual beli brand profesional.
Untuk mewujudkannya, berikut langkah-langkah yang harus dilakukan.
• Para penggemar belanja online sangat tertarik dengan gambar. Karena itu, unggah gambar yang bagus dan berkualitas tinggi. Bila perlu Anda dapat menggunakan jasa fotografer profesional, untuk mendapatkan foto yang menarik perhatian.
• Setelah login ke akun pribadi penjual, pilihlah opsi ‘My Store’ dan pilih ‘Design and Manage Store.’ Anda bisa memilih gambar utama yang ingin ditampilkan serta beberapa produk pilihan. Atur juga ukuran huruf dan tata letak gambar yang menarik.  
• Bila semua telah selesai, tekan tombol ‘Save’. Anda akan melihat tampilan toko yang lebih segar dan semakin mendapatkan banyak pelanggan.

AliExpress memiliki beberapa kelebihan dan beberapa kekurangan.
·           Kelebihan         
·       Bisa membeli beberapa barang tanpa adanya batasan untuk pembelian barang, sangat cocok untuk para supplier yang ada di indonesia.
·       Harga barang lebih murah dibandingkan di Indonesia.
·       Fitur Proteksi Buyer
·       Terdapat beberapa penjual yang menyediakan pengiriman gratis dari China ke Indonesia.
·           Kekurangan
·       Estimasi Pengiriman lama bisa 1-2 bulan, kurang cocok untuk calon pembeli yang ingin mendapatkan barangnya secepatnya.
·       Tidak adanya opsi pembayaran yang menggunakan Bank lokal.
·       Biaya ongkirnya lumayan mahal.

3.                       Perkembangan Bisnis Informatika di Indonesia dan Dunia
Perkembangan bisnis informatika diindonesia cukup drastis, hal ini didukung dengan naiknya kebutuhan pada teknologi informasi, yang mana pada sekarang ini hampir semua kegiatan dan pekerjaan kita menggunakan beberapa hal dari dunia teknologi informasi. Begitu juga perkembangan bisnis informatika didunia.

Diberbagai Negara bisnis dalam bidang informatika ini memiliki peluang yang cukup baik dan cukup menjanjikan. Karena itulah banyak orang yang mencoba untuk menggeluti bidang ini, seperti bisnis hardware, software, dan penyedia layanan konsultasi dan bisnis jual- beli online.
Sekarang ini banyak perusahaan- perusahaan yang melakukan bisnis online, seperti penjualan sepatu dan baju (toko online), mainan, bahkan makanan juga bisa dipesan secara online. Hal ini terjadi karena internet seperti yang kita ketahui dapat menembus batas ruang dan waktu.
Seperti yang kita tahu permasalahan di dunia ini adalah “ruang dan waktu” oleh karena itu penerapan teknologi informatika sangat dibutuhkan, maka dibutuhkan sebuah penerapan teknologi ini untuk memecahkan masalah. Karena banyaknya permintaan dalam teknologi informasi dan komputer di Indonesia dalam segala bidang maka munculah perusahaan-perusahaan yang bergelut dalam bisnis informatika ini. Seperti contohnya adalah penyedia layanan internet, software house, hosting, dll.
Perkembangan bisnis informatika di Indonesia belakangan ini terjadi peningkatan yang sangat pesat mengingat kebutuhan akan dalam bidang ini sangatlah besar dari tahun ke tahun. Ini menjadikan bisnis informatika menjadi salah satu bisnis yang mempunyai potensi yang cerah untuk kedepannya. Hal ini juga harus didukung oleh sumber daya yang berkualitas, melihat kualitas teknologi informasi dan komputer yang dituntut semakin baik setiap saatnya.
Saat ini dunia informatika mengalami banyak perkembangan terutama dalam bidang bisnis. Pada lingkungan bisnis, kehadiran teknologi informasi mulai disadari dapat menghadirkan berbagai solusi yang dapat membantu proses bisnis yang ada dan mengoptimalkan efesiensi bisnis berbasis teknologi informasi. Perkembangan teknologi informasi telah berkembang luar biasa hebatnya baik dari sisi perangkat keras, perangkat lunak, atau sumber daya manusia yang mendayagunakannya.
Sekarang TI banyak membantu kebutuhan seseorang dan sudah banyak orang yang terbiasa dengan komputer, bahkan dengan internet. Dunia bisnis tentunya banyak mengalami persaingan, sehingga membutuhkan semua informasi yang aktual, cepat dan dapat dipercaya. Semua itu menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Pergerakan bisnis yang semakin cepat menuntut komunikasi (suara, data dan informasi) yang lebih lebih cepat guna mempertahankan pelanggan, pemasok, bahkan dalam menghadapi persaingan.
Salah satu media yang digunakan dalam mengembangkan bisnis di dunia Informatika adalah internet. Internet adalah jaringan komputer tanpa mengenal batas jarak dan waktu yang didalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga dinamis dan interaktif. Maka dari itu banyak orang bahkan perusahaan memanfaatkan internet sebagai ladang bisnis, mulai dari menjual jasa, penjualan dan pembelian produk bahkan pemasaran suatu produk perusahaan.
Dunia bisnis dibidang informatika akan berkembang pesat dan mengalami kemajuan dengan adanya media informasi dan perangkat teknologi yang makin canggih
Dari dunia Maya atau internet inilah lahir sebuah social media. internet dan social media bisa menjadi alat bagi perusahaan untuk mengenal pasar dan konsumennya. sekarang iklan standar yang ada di televisi , majalah, atau radio tidak lagi menjadi referensi utama bagi orang – orang yang ingin membeli sebuah produk. social media seperti ( facebook, twitter , dll ) justru menjadi alat promosi yang lebih efektif untuk melakukan promosi.
kita ambil contoh blog dan website jejaring social. kedua layanan ini bisa mempengaruhi penilaian masyarakat terhadap sebuah produk. sebelum membeli laptop misalnya, kita bisa googling dulu untuk mencari link – link yang berisi review – review terhadapa produk laptop yang akan kita beli tersebut.
social media efektif sebagai ajak untuk beriklan. selain mampu menjangkau banyak audiens, iklan social media jauh lebih diingat dan menimbulkan rasa penasaran banyak orang.

Lima model bisnis TIK
Semua perusahaan yang bergerak di bidang TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) mengandalkan HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual) di dalam menjual produk dan jasanya. Namun penggunaan HAKI tergantung pada jenis model bisnisnya.
Pada umumnya sekarang ini dikenal ada 5 model bisnis TIK yang paling menonjol dalam pemanfaatan HAKI, dan di bawah ini beberapa contonya dari perusahaan anak bangsa Indonesia (huruf miring) dan juga perusahaan asing :
1.     Lisensi produk software (contohnya perusahaan pembuat perangkat lunak seperti Andal Software, Dycode, Oracle, dsb)
2.     Iklan (contohnya Detik.com, Google, dsb)
3.     Software sebagai layanan (contohnya Infisys Pushmail, Salesforce.com, dsb)
4.     Penjualan perangkat keras (contohnya Zyrex, Axioo, Apple, dsb)
5.     Penjual jasa konsultasi, integrasi, perawatan, training dsb (contohnya Inixindo, Sigma, Redhat, dsb)
Perkembangan dan kemajuan bisnis informatika di negara kita sudah sangat pesat sekali dan sangat menggiurkan. bisnis ini akan tiada matinya karena dunia IT setiap detik berkembang, oleh karna itu bisnis ini tidak mungkin ada matinya. contohnya saja seperti warnet yang bagaikan rumput liar dimana saja ada. Ini dikarenakannya masyarakat makin membutuhkan informasi. selain warnet yaitu toko hardware yang menyediakan segala kebutuhan di bidang IT, kita sudah tidak kesusahan lagi untuk mencari toko komputer.  Selain itu masyarakat yang mempunya dana yang lebih mereka ada yang membuat perusahaan IT Konsultan yang akan sedia selalu membantu kantor, perusahaan dan masyarakat yang sedang membutuhkan bantuan di bidang IT.
Dalam kehidupan kita dimasa mendatang, sektor teknologi informasi dan telekomunikasi merupakan sektor yang paling dominan. Siapa saja yang menguasai teknologi ini, maka dia akan menjadi pemimpin dalam dunianya.

Ringkasan Penulisan Ilmiah

Penulisan Ilmiah yang saya buat berjudul “AUGMENTED REALITY PENGENALAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANAN UNTUK ANAK USIA DINI BERBASIS ANDROID” . Dosen Pembimbing saya yaitu Bapak Remi Senjaya, ST., MMSI. Untuk software yang digunakan untuk merancang aplikasi yang saya buat yaitu blender 3D, Unity, Vuforia, T2S.
Aplikasi yang saya buat membatasi masalah yaitu aplikasi yang dirancang merupakan Augmented Reality berbasis Android, setiap hewan diberi penjelasan singkat melalui suara. Aplikasi ini hanya menampilkan 9 hewan yaitu Anjing, kucing, serigala, kelinci, jerapah, rusa, ayam, bebek, monyet. Didalam aplikasi ini membahas 9 hewan dan Penjelasan hewan karnivora, herbivora, dan omnivora beserta contoh hewannya. Untuk target gambarnya menggunakan gambar hewan yang sudah di print. Sasaran pengguna adalah anak usia dini (3-6 tahun). Aplikasi ini hanya bisa dijalankan pada smartphone android dengan minimal sistem operasi android versi 5.0 (Lolipop).
Untuk Metode yaitu :
1.   Pemilihan Aplikasi
Penulis memilih menggunakan Blender 3D yang memiliki fitur-fitur yang mendukung dan mempermudah penulis untuk membuat model binatang karnivora, herbivora, dan omnivora. T2S untuk merekam suara yang akan digunakan untuk penjelasan tiap  hewan. Vuforia untuk membuat image target serta memilih menggunakan Unity yang dapat membantu penulis untuk mengimplementasikan model binatang  kedalam bentuk Augmented Reality.

2.   Tahap Perencanaan
Tahap ini membuat perencanaan jumlah hewan,dan audioisasi pada hewan hewan yang akan di jadikan object pada Augmented Reality.

3.   Pemodelan
Pada tahap pemodelan ini, penulis membuat berbagai model binatang karnivora, herbivora, dan omnivora yang umumnya diketahui anak-anak.
4.   Implementasi
Pada tahap implementasi ini, penulis akan memasukkan model binatang yang telah dibuat dan mengaturnya agar model-model tersebut dapat dijadikan ke dalam bentuk Augmented Reality.

5.   Uji Coba
Pada tahap uji coba ini, aplikasi akan diuji coba sampai tidak adanya kesalahan saat dijalankan dan sesuai dengan rancangan penulis.

Kelebihan pada aplikasi yang saya  buat adalah tampilannya yang menarik dan mudah untuk digunakanan bagi anak-anak sebagai target utama, kemudian kelebihan lainnya yaitu menggunakan teknologi yang sedang berkembang pesat saat ini yaitu Augmented Reality. untuk sidangnya bisa dibilang agak terlambat dikarenakan pergantian judul sehingga harus menyusun bab 1 dan b 2 yang baru, mencari referensi untuk merancang aplikasi karena  saya mengerjakannya secara otodidak dengan cara melihat youtube atau membaca forum-forum yang berkaitan dengan aplikasi yang saya buat ,terlalu sering revisi pada saat bimbingan.


Referensi


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Labels