1.
Definisi umum
· Bisnis :
Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen
atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari
bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti
“sibuk” dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian,
sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
Dalam ekonomi kapitalis, dimana kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya. Pemilik dan operator dari sebuah bisnis mendapatkan imbalan sesuai dengan waktu, usaha, atau kapital yang mereka berikan. Namun tidak semua bisnis mengejar keuntungan seperti ini, misalnya bisnis koperatif yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan semua anggotanya atau institusi pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Model bisnis seperti ini kontras dengan sistem sosialistik, dimana bisnis besar kebanyakan dimiliki oleh pemerintah, masyarakat umum, atau serikat pekerja.
Secara etimologi, bisnis berarti keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Kata “bisnis” sendiri memiliki tiga penggunaan, tergantung skupnya — penggunaan singular kata bisnis dapat merujuk pada badan usaha, yaitu kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan. Penggunaan yang lebih luas dapat merujuk pada sektor pasar tertentu, misalnya “bisnis pertelevisian.” Penggunaan yang paling luas merujuk pada seluruh aktivitas yang dilakukan oleh komunitas penyedia barang dan jasa. Meskipun demikian, definisi “bisnis” yang tepat masih menjadi bahan perdebatan hingga saat ini.
Dalam ekonomi kapitalis, dimana kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya. Pemilik dan operator dari sebuah bisnis mendapatkan imbalan sesuai dengan waktu, usaha, atau kapital yang mereka berikan. Namun tidak semua bisnis mengejar keuntungan seperti ini, misalnya bisnis koperatif yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan semua anggotanya atau institusi pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Model bisnis seperti ini kontras dengan sistem sosialistik, dimana bisnis besar kebanyakan dimiliki oleh pemerintah, masyarakat umum, atau serikat pekerja.
Secara etimologi, bisnis berarti keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Kata “bisnis” sendiri memiliki tiga penggunaan, tergantung skupnya — penggunaan singular kata bisnis dapat merujuk pada badan usaha, yaitu kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan. Penggunaan yang lebih luas dapat merujuk pada sektor pasar tertentu, misalnya “bisnis pertelevisian.” Penggunaan yang paling luas merujuk pada seluruh aktivitas yang dilakukan oleh komunitas penyedia barang dan jasa. Meskipun demikian, definisi “bisnis” yang tepat masih menjadi bahan perdebatan hingga saat ini.
· TIK : Teknologi informasi
dan komunikasi mencakup dua aspek, yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi.
Teknologi informasi, mencakup segala hal yang berkaitan dengan proses,
penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi.
Sedangkan, teknologi komunikasi mencakup segala hal yang berkaitan dengan
penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang
satu ke lainnya. Maka, teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah
suatu kesatuan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang
segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan dan
transfer/pemindahan informasi antar media
·
Menurut Eric Deeson, Harper Collins
Publishers, Dictionary of Information Technology, Glasgow,UK,1991
“Information
Technology (IT) the handling of information by electric and electronic (and
microelectronic) means.”Here handling includes transfer. Processing, storage
and access, IT special concern being the use of hardware and software for these
tasks for the benefit of individual people and society as a whole”
Dari
penjelasan di atas dapat diartikan bahwa teknologi informasi adalah kebutuhan
manusia didalam mengambil dan memindahkan , mengolah dan memproses informasi
dalam konteks sosial yang menguntungkan diri sendiri dan masyarakat secara
keseluruhan.
· Menurut
Puskur Diknas Indonesia, Teknologi Informasi dan Komunikasi
(TIK) mencakup dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan
Teknologi Komunikasi.
· Teknologi
Informasi adalah meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses,
penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi.
· Teknologi
Komunikasi adalah segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk
memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.
Dari
penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa
Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi adalah suatu padanan yang tidak
terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan
yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan
transfer/pemindahan informasi antar media
· Menurut
Susanto ( 2002 ) informasi merupakan hasil dari pengolahan data namun tidak
semua hasil dari pengolahan tersebut dapat menjadi informasi.
Jadi
pengertian TIK adalah sebuah media atau alat bantu yang digunakan untuk
transfer data baik itu untuk memperoleh suatu data / informasi maupun
memberikan informasi kepada orang lain serta dapat digunakan untuk alat
berkomunikasi baik satu arah ataupun dua arah.
Teknologi
Informasi dan Komunikasi merupakan payung besar triminologi yang mencakup semua
keperluan teknis untuk memperoses dan menyampaikan sebuah informasi, TIK
memiliki dua aspek, yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi.
Teknologi
informasi menliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, pemakian sebagai
alat bantu, pengelolaan informasi, serta manipulasi informasi. Teknologi
komunikasi merupakan semua hal yang berkaitan dengan pemakaian alat bantu untuk
memperoses serta mentransfer dara dari perangkat satu ke perangkat lainnya.
Oleh
sebab itu, teknologi informasi dan komunikasi merupakan dua buah konsep yang
terpisahkan, maka Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi memiliki
perngertian luas, yaitu segala jenis kegiatan yang terkait dengan pemrosesan,
pengelolaan, manipulasi, serta pemindahan informasi antar media.
Istilah
TIK ada setelah adanya perpaduan antara teknologi komputer (perangkat keras
ataupun lunak) dengan teknologi komunikasi pada pertengahan abad ke-20.
Perpaduan teknologi tersebut berkembang sangat pesat melampaui bidang teknologi
lainnya. Sampai awal abad ke-21, TIK masih terus mengalami berbagai perubahan
dan belum terlihat titik jenuhnya.
· Bisnis Informatika : Bisnis informatika adalah suatu
kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang yang memiliki nilai
(value) dengan tujuan mendapatkan keuntungan (profit) yang dilakukan dengan
bantuan teknologi informasi. Yang dimaksud teknologi informasi disini mencakup
semua hal yang berkaitan dengan teknologi informasi, seperti internet. Bisnis
informatika berkembang dengan pesat akhir – akhir ini seiring dengan berkembang
pesatnya pula teknologi informasi. Karena Bisnis Informatika muncul karena
adanya peluang yang terdapat di dalam suatu teknologi informasi. Tidak
dapat di pungkiri sekarang internet sudah mengalami pergeseran kebutuhan di
dalam masyarakat. Yang dahulu Internet merupakan suatu kebutuhan pelengkap atau
masih merupakan kebutuhan yang “mewah” bagi sebagian masyarakat, sekarang
menjadi suatu kebutuhan sekunder ataupun kebutuhan primer. Karena sekarang kita
dapat semakin mudah dan murah untuk mendapatkan akses internet. Hal ini tidak
lepas dari semakin berkembangnya teknologi informasi.
2. AliExpress
adalah sebuah perusahaan online shop global dibawah naungan AlibabaGroup.
Tidak
seperti online shop di indonesia sebut saja lazada, tokopedia, dan bukalapak
yang hanya ada di negara lokal. AliExpress ini online shop yang digunakan oleh
seluruh negara. Kalau kita bandingkan itu seperti Amazon.com.
Teknik
penjualan perangkat TIKPeluang
usaha menjual produk di luar negeri menjanjikan keuntungan yang besar. Meskipun
demikian, masih sedikit penjual yang berminat menekuninya.Bagi
yang berminat ingin menjual produknya secara online, saatnya memanfaatkan situs
e-commerce AliExpress sebagai medianya. Selain banyak dikunjungi pembeli, situs
asal China ini juga mendapat ulasan positif dari para penjual.
Berikut,
cara untuk berjualan di AliExpress
Mendirikan Toko Online
Bagi
orang Indonesia yang ingin memiliki toko online di AliExpress,
berikut beberapa langkah yang harus Anda lakukan.
1.
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengakses laman utama AliExpress
di https://www.aliexpress.com.
2.
Selanjutnya pilih opsi ‘Seller Center’ dan klik ‘Non-Chinese Seller Login’.
3.
Akan muncul beberapa kolom yang meminta Anda mengisi beberapa informasi yakni
email dan password.
4.
Sebelum menekan tombol ‘Continue’ untuk melanjutkan ke tahapan selanjutnya,
alangkah baiknya Anda membaca ‘Membership Agreement’. Hal ini sangat penting
agar Anda mengetahui konsekuensi serta keuntungan yang didapatkan bila
berjualan di AliExpress.
5.
Bila setuju, centang kolom di ‘Agree Membership Agreement’ kemudian tekan
‘Continue’.
6.
Langkah selanjutnya, Anda akan diminta untuk mengecek email dan menemukan kode
verifikasi yang dikirim oleh AliExpress.
7.
Cantumkan kode verifikasi tersebut di kolom yang tersedia kemudian tekan ‘OK’.
8.
Pada tahapan selanjutnya, Anda harus mengisi kelengkapan data mengenai bisnis
Anda. Disini juga akan diminta informasi mengenai NPWP serta detail rekening
yang akan Anda gunakan.
9.
Tekan ‘Next’ dan proses pendaftaran akun Anda telah selesai. Namun, Anda belum
bisa langsung menggunakannya karena harus diaudit dulu oleh tim AliExpress.
10.
Bila berhasil, Anda akan dikirimi email pemberitahuan. Anda pun bisa langsung
menjalankan cara jualan di AliExpress.
Persiapan Menjual Produk
•
Setelah sukses login ke aplikasi, saatnya untuk memajang produk yang akan Anda
jual. Untuk menambah barang, pilih opsi ‘Product Center’ kemudian klik ‘Add New
Product.’
•
Langkah selanjutnya adalah memilih opsi bahasa yang akan Anda gunakan pada akun
Anda serta bahasa yang akan digunakan pada tampilan produk. Terdapat 17 macam
bahasa berbeda yang bisa Anda pilih.
•
Untuk memudahkan pelanggan, Anda bisa menggunakan opsi multi bahasa. Sistem ini
secara otomatis menerjemahkan bahasa sesuai dengan lokasi dimana calon konsumen
Anda berada.
•
Selanjutnya lengkapi informasi mengenai produk baru yang akan Anda jual. Mulai
dari deskripsi hingga foto produk.
•
Pilih warna dan ukuran produk kemudian juga atur jumlah stok yang tersedia
serta harga pada masing-masing item.
•
Setelah itu, tulis informasi mengenai pengemasan dan proses pengiriman.
•
Klik ‘Submit’ dan tunggu proses verifikasi dari pihak AliExpress. Biasanya
proses tersebut akan berlangsung dari 1 hingga 3 hari waktu kerja.
Bila
produk disetujui, maka pelanggan bisa langsung melihat display produk di toko
Anda.
· Mendekorasi Toko di AliExpress
Salah
satu keuntungan menggunakan AliExpress yakni Anda bisa membuat tampilan
toko online menjadi sangat menarik, layaknya website jual beli brand
profesional.
Untuk
mewujudkannya, berikut langkah-langkah yang harus dilakukan.
•
Para penggemar belanja online sangat tertarik dengan gambar. Karena
itu, unggah gambar yang bagus dan berkualitas tinggi. Bila perlu Anda dapat
menggunakan jasa fotografer profesional, untuk mendapatkan foto yang menarik
perhatian.
•
Setelah login ke akun pribadi penjual, pilihlah opsi ‘My Store’ dan pilih
‘Design and Manage Store.’ Anda bisa memilih gambar utama yang ingin
ditampilkan serta beberapa produk pilihan. Atur juga ukuran huruf dan tata
letak gambar yang menarik.
•
Bila semua telah selesai, tekan tombol ‘Save’. Anda akan melihat tampilan toko
yang lebih segar dan semakin mendapatkan banyak pelanggan.
AliExpress
memiliki beberapa kelebihan dan beberapa kekurangan.
·
Kelebihan
· Bisa membeli
beberapa barang tanpa adanya batasan untuk pembelian barang, sangat cocok untuk
para supplier yang ada di indonesia.
· Harga
barang lebih murah dibandingkan di Indonesia.
· Fitur
Proteksi Buyer
· Terdapat
beberapa penjual yang menyediakan pengiriman gratis dari China ke Indonesia.
·
Kekurangan
· Estimasi
Pengiriman lama bisa 1-2 bulan, kurang cocok untuk calon pembeli yang ingin
mendapatkan barangnya secepatnya.
· Tidak
adanya opsi pembayaran yang menggunakan Bank lokal.
· Biaya
ongkirnya lumayan mahal.
3. Perkembangan
Bisnis Informatika di Indonesia dan Dunia
Perkembangan
bisnis informatika diindonesia cukup drastis, hal ini didukung dengan naiknya
kebutuhan pada teknologi informasi, yang mana pada sekarang ini hampir semua
kegiatan dan pekerjaan kita menggunakan beberapa hal dari dunia teknologi
informasi. Begitu juga perkembangan bisnis informatika didunia.
Diberbagai Negara bisnis dalam bidang informatika ini memiliki peluang yang cukup baik dan cukup menjanjikan. Karena itulah banyak orang yang mencoba untuk menggeluti bidang ini, seperti bisnis hardware, software, dan penyedia layanan konsultasi dan bisnis jual- beli online.
Sekarang
ini banyak perusahaan- perusahaan yang melakukan bisnis online, seperti
penjualan sepatu dan baju (toko online), mainan, bahkan makanan juga bisa
dipesan secara online. Hal ini terjadi karena internet seperti yang kita
ketahui dapat menembus batas ruang dan waktu.
Seperti
yang kita tahu permasalahan di dunia ini adalah “ruang dan waktu” oleh karena
itu penerapan teknologi informatika sangat dibutuhkan, maka dibutuhkan sebuah
penerapan teknologi ini untuk memecahkan masalah. Karena banyaknya permintaan
dalam teknologi informasi dan komputer di Indonesia dalam segala bidang maka
munculah perusahaan-perusahaan yang bergelut dalam bisnis informatika ini.
Seperti contohnya adalah penyedia layanan internet, software house, hosting,
dll.
Perkembangan
bisnis informatika di Indonesia belakangan ini terjadi peningkatan yang
sangat pesat mengingat kebutuhan akan dalam bidang ini sangatlah besar dari
tahun ke tahun. Ini menjadikan bisnis informatika menjadi salah satu bisnis
yang mempunyai potensi yang cerah untuk kedepannya. Hal ini juga harus didukung
oleh sumber daya yang berkualitas, melihat kualitas teknologi informasi dan
komputer yang dituntut semakin baik setiap saatnya.
Saat
ini dunia informatika mengalami banyak perkembangan terutama dalam bidang
bisnis. Pada lingkungan bisnis, kehadiran teknologi informasi mulai disadari
dapat menghadirkan berbagai solusi yang dapat membantu proses bisnis yang ada
dan mengoptimalkan efesiensi bisnis berbasis teknologi informasi. Perkembangan
teknologi informasi telah berkembang luar biasa hebatnya baik dari sisi
perangkat keras, perangkat lunak, atau sumber daya manusia yang
mendayagunakannya.
Sekarang
TI banyak membantu kebutuhan seseorang dan sudah banyak orang yang terbiasa
dengan komputer, bahkan dengan internet. Dunia bisnis tentunya banyak mengalami
persaingan, sehingga membutuhkan semua informasi yang aktual, cepat dan dapat
dipercaya. Semua itu menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Pergerakan
bisnis yang semakin cepat menuntut komunikasi (suara, data dan informasi) yang
lebih lebih cepat guna mempertahankan pelanggan, pemasok, bahkan dalam
menghadapi persaingan.
Salah
satu media yang digunakan dalam mengembangkan bisnis di dunia Informatika
adalah internet. Internet adalah jaringan komputer tanpa mengenal batas jarak
dan waktu yang didalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai
yang statis hingga dinamis dan interaktif. Maka dari itu banyak orang bahkan
perusahaan memanfaatkan internet sebagai ladang bisnis, mulai dari menjual
jasa, penjualan dan pembelian produk bahkan pemasaran suatu produk perusahaan.
Dunia
bisnis dibidang informatika akan berkembang pesat dan mengalami kemajuan dengan
adanya media informasi dan perangkat teknologi yang makin canggih
Dari
dunia Maya atau internet inilah lahir sebuah social media. internet dan social
media bisa menjadi alat bagi perusahaan untuk mengenal pasar dan konsumennya.
sekarang iklan standar yang ada di televisi , majalah, atau radio tidak lagi
menjadi referensi utama bagi orang – orang yang ingin membeli sebuah produk.
social media seperti ( facebook, twitter , dll ) justru menjadi alat promosi
yang lebih efektif untuk melakukan promosi.
kita
ambil contoh blog dan website jejaring social. kedua layanan ini bisa
mempengaruhi penilaian masyarakat terhadap sebuah produk. sebelum membeli
laptop misalnya, kita bisa googling dulu untuk mencari link – link yang berisi
review – review terhadapa produk laptop yang akan kita beli tersebut.
social
media efektif sebagai ajak untuk beriklan. selain mampu menjangkau banyak
audiens, iklan social media jauh lebih diingat dan menimbulkan rasa penasaran
banyak orang.
Lima
model bisnis TIK
Semua
perusahaan yang bergerak di bidang TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi)
mengandalkan HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual) di dalam menjual produk dan
jasanya. Namun penggunaan HAKI tergantung pada jenis model bisnisnya.
Pada
umumnya sekarang ini dikenal ada 5 model bisnis TIK yang paling menonjol dalam
pemanfaatan HAKI, dan di bawah ini beberapa contonya dari perusahaan anak
bangsa Indonesia (huruf miring) dan juga perusahaan asing :
1. Lisensi
produk software (contohnya perusahaan pembuat perangkat lunak seperti Andal
Software, Dycode, Oracle, dsb)
2. Iklan
(contohnya Detik.com, Google, dsb)
3. Software
sebagai layanan (contohnya Infisys Pushmail, Salesforce.com, dsb)
4. Penjualan
perangkat keras (contohnya Zyrex, Axioo, Apple, dsb)
5. Penjual
jasa konsultasi, integrasi, perawatan, training dsb (contohnya Inixindo, Sigma,
Redhat, dsb)
Perkembangan
dan kemajuan bisnis informatika di negara kita sudah sangat pesat sekali dan sangat
menggiurkan. bisnis ini akan tiada matinya karena dunia IT setiap detik
berkembang, oleh karna itu bisnis ini tidak mungkin ada matinya. contohnya saja
seperti warnet yang bagaikan rumput liar dimana saja ada. Ini dikarenakannya
masyarakat makin membutuhkan informasi. selain warnet yaitu toko hardware yang
menyediakan segala kebutuhan di bidang IT, kita sudah tidak kesusahan lagi
untuk mencari toko komputer. Selain itu masyarakat yang mempunya dana
yang lebih mereka ada yang membuat perusahaan IT Konsultan yang akan sedia
selalu membantu kantor, perusahaan dan masyarakat yang sedang membutuhkan
bantuan di bidang IT.
Dalam
kehidupan kita dimasa mendatang, sektor teknologi informasi dan telekomunikasi
merupakan sektor yang paling dominan. Siapa saja yang menguasai teknologi ini,
maka dia akan menjadi pemimpin dalam dunianya.
Ringkasan Penulisan Ilmiah
Ringkasan Penulisan Ilmiah
Penulisan
Ilmiah yang saya buat berjudul “AUGMENTED
REALITY PENGENALAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANAN UNTUK ANAK USIA DINI
BERBASIS ANDROID” . Dosen Pembimbing saya yaitu Bapak Remi Senjaya, ST.,
MMSI. Untuk software yang digunakan untuk merancang aplikasi yang saya buat
yaitu blender 3D, Unity, Vuforia, T2S.
Aplikasi yang saya buat membatasi masalah yaitu
aplikasi yang dirancang merupakan Augmented Reality berbasis Android, setiap
hewan diberi penjelasan singkat melalui suara. Aplikasi ini hanya menampilkan 9
hewan yaitu Anjing, kucing, serigala, kelinci, jerapah, rusa, ayam, bebek,
monyet. Didalam aplikasi ini membahas 9 hewan dan Penjelasan hewan karnivora,
herbivora, dan omnivora beserta contoh hewannya. Untuk target gambarnya menggunakan
gambar hewan yang sudah di print. Sasaran pengguna adalah anak usia dini (3-6
tahun). Aplikasi ini hanya bisa dijalankan pada smartphone android dengan
minimal sistem operasi android versi 5.0 (Lolipop).
Untuk
Metode yaitu :
1. Pemilihan
Aplikasi
Penulis memilih menggunakan
Blender 3D yang memiliki fitur-fitur yang mendukung dan mempermudah penulis
untuk membuat model binatang karnivora, herbivora, dan omnivora. T2S untuk
merekam suara yang akan digunakan untuk penjelasan tiap hewan. Vuforia untuk membuat image target serta
memilih menggunakan Unity yang dapat membantu penulis untuk mengimplementasikan
model binatang kedalam bentuk Augmented
Reality.
2. Tahap
Perencanaan
Tahap ini membuat perencanaan
jumlah hewan,dan audioisasi pada hewan hewan yang akan di jadikan object pada
Augmented Reality.
3. Pemodelan
Pada tahap pemodelan ini,
penulis membuat berbagai model binatang karnivora, herbivora, dan omnivora yang
umumnya diketahui anak-anak.
4. Implementasi
Pada tahap implementasi ini,
penulis akan memasukkan model binatang yang telah dibuat dan mengaturnya agar model-model
tersebut dapat dijadikan ke dalam bentuk Augmented Reality.
5. Uji
Coba
Pada tahap uji coba ini,
aplikasi akan diuji coba sampai tidak adanya kesalahan saat dijalankan dan
sesuai dengan rancangan penulis.
Kelebihan pada aplikasi yang
saya buat adalah tampilannya yang menarik
dan mudah untuk digunakanan bagi anak-anak sebagai target utama, kemudian kelebihan
lainnya yaitu menggunakan teknologi yang sedang berkembang pesat saat ini yaitu
Augmented Reality. untuk sidangnya bisa dibilang agak terlambat dikarenakan
pergantian judul sehingga harus menyusun bab 1 dan b 2 yang baru, mencari referensi
untuk merancang aplikasi karena saya
mengerjakannya secara otodidak dengan cara melihat youtube atau membaca forum-forum
yang berkaitan dengan aplikasi yang saya buat ,terlalu sering revisi pada saat
bimbingan.
Referensi
0 komentar:
Posting Komentar