Rabu, 20 November 2019

Manajemen Waktu

Menerapkan Prinsip Manajemen Waktu

manajemen waktu umum adalah suatu perencanaan, mengorganisir, menggerakkan, dan pengawasan, terhadap produktivitas waktu Manajemen waktu dapat juga diartikan sebagai suatu metode atau cara untuk memanfaatkan dan mengatur setiap bagian waktu dalam mengerjakan aktivitas yang sudah direncanakan dan harus diselesaikan dalam jangka waktu yang sudah ditetapkan. Tujuan dari manajemen waktu adalah untuk melakukan pekerjaan secara efektif dan efisien. Efektifitas dalam sebuah pekerjaan bisa dilihat dari tercapainya tujuan atau target yang sudah ditetapkan dalam manajemen waktu sebelumnya.

          Pengalaman Pribadi saya dalam menerapkan prinsip manajemen waktu dimulai ketika saya mulai kuliah, seperti yang kita tahu kegiatan kuliah cukup sibuk ditambah dengan tugas-tugas yang diberikan tiap minggunya, oleh sebab itu saya menerapkan manajemen waktu, seperti mengatur waktu bermain, waktu mengerjakan tugas, dan waktu bersantai. Dimulai ketika tingkat satu semester 1,  saya mulai menerapkan manajemen waktu, hal itu saya lakukan karena terdapat lab fisika  dasar pada semester 1 sehingga saya harus mengatur waktu untuk mengerjakan laporan dari setiap pertemuan, ditambah banyaknya tugas-tugas yang diberikan tiap mata kuliah tiap minggunya. Oleh karena itu saya harus membagi waktu kapan waktu untuk mengerjakan laporan lab dan waktu untuk mengerjakan tugas-tugas dari tiap mata kuliah.

          Dan saat-saat dimana saya benar-benar menerapkan manajemen waktu adalah ketika tingkat 3 yaitu pada semester 5, karena pada semester 5 terdapat banyak lab, 4 labti dan 3 ilab. Disaat itu saya benar-benar membagi waktu saya untuk mengerjakan laporan tiap lab pada pertemuan tiap minggunya, dengan cara mengerjakan laporan tiap lab setelah pertemuan lab pada malam harinya, hal itu saya lakukan agar saya tidak lupa dan agar saya merasa tenang karena tidak dikejar-kejar oleh deadline, sehingga saya memiliki waktu untuk bermain dan bersantai. Dan karena saya menerapkan manajemen waktu saya bisa menyelesaikan penulisan ilmiah saya tepat waktu pada semester 6, pada saat mengejakan penulisan ilmiah saya membagi waktu untuk mengerjakan laporan labti, tugas-tugas kuliah dan membagi waktu untuk mengerjakan program yang saya buat dan mengerjakan penulisannya.

          Berdasarkan pengalaman tersebut setelah saya menerapkan manajemen waktu saya merasakan manfaat dari memanajemen waktu, diantaranya saya dapat mengerjakan suatu hal dengan cepat dan dapat membagi kegiatan-kegiatan yang dilakukan dengan efektif. Dan karena saya menerapkan manajemen waktu saya bisa menyelesaikan penulisan ilmiah saya tepat waktu pada semester 6, pada saat mengejakan penulisan saya membagi waktu untuk mengerjakan laporan labti, tugas-tugas kuliah dan membagi waktu untuk mengerjakan program yang saya buat dan mengerjakan penulisannya.Selain pengalaman saya pada semester 1 dan semester 5, saya tetap menerapkan manajemen waktu pada diri saya sendiri setiap harinya, seperti membagi waktu bermain dan  waktu tidur. Dan setiap harinya saya menyisihkan waktu untuk menambah informasi dan menambah skill untuk diri saya sendiri.


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Labels