Menerapkan Prinsip Manajemen Waktu
manajemen
waktu umum adalah suatu perencanaan, mengorganisir, menggerakkan, dan
pengawasan, terhadap produktivitas waktu Manajemen waktu dapat juga diartikan
sebagai suatu metode atau cara untuk memanfaatkan dan mengatur setiap
bagian waktu dalam mengerjakan aktivitas yang sudah direncanakan dan harus
diselesaikan dalam jangka waktu yang sudah ditetapkan. Tujuan dari manajemen
waktu adalah untuk melakukan pekerjaan secara efektif dan
efisien. Efektifitas dalam sebuah pekerjaan bisa dilihat dari tercapainya
tujuan atau target yang sudah ditetapkan dalam manajemen waktu sebelumnya.
Pengalaman Pribadi saya dalam
menerapkan prinsip manajemen waktu dimulai ketika saya mulai kuliah, seperti
yang kita tahu kegiatan kuliah cukup sibuk ditambah dengan tugas-tugas yang
diberikan tiap minggunya, oleh sebab itu saya menerapkan manajemen waktu, seperti
mengatur waktu bermain, waktu mengerjakan tugas, dan waktu bersantai. Dimulai ketika
tingkat satu semester 1, saya mulai menerapkan
manajemen waktu, hal itu saya lakukan karena terdapat lab fisika dasar pada semester 1 sehingga saya harus
mengatur waktu untuk mengerjakan laporan dari setiap pertemuan, ditambah banyaknya
tugas-tugas yang diberikan tiap mata kuliah tiap minggunya. Oleh karena itu
saya harus membagi waktu kapan waktu untuk mengerjakan laporan lab dan waktu
untuk mengerjakan tugas-tugas dari tiap mata kuliah.
Dan saat-saat dimana saya benar-benar
menerapkan manajemen waktu adalah ketika tingkat 3 yaitu pada semester 5, karena
pada semester 5 terdapat banyak lab, 4 labti dan 3 ilab. Disaat itu saya benar-benar
membagi waktu saya untuk mengerjakan laporan tiap lab pada pertemuan tiap
minggunya, dengan cara mengerjakan laporan tiap lab setelah pertemuan lab pada
malam harinya, hal itu saya lakukan agar saya tidak lupa dan agar saya merasa
tenang karena tidak dikejar-kejar oleh deadline, sehingga saya memiliki waktu
untuk bermain dan bersantai. Dan karena saya menerapkan manajemen waktu saya
bisa menyelesaikan penulisan ilmiah saya tepat waktu pada semester 6, pada saat
mengejakan penulisan ilmiah saya membagi waktu untuk mengerjakan laporan labti,
tugas-tugas kuliah dan membagi waktu untuk mengerjakan program yang saya buat
dan mengerjakan penulisannya.
Berdasarkan pengalaman tersebut setelah
saya menerapkan manajemen waktu saya merasakan manfaat dari memanajemen waktu, diantaranya
saya dapat mengerjakan suatu hal dengan cepat dan dapat membagi kegiatan-kegiatan
yang dilakukan dengan efektif. Dan karena saya menerapkan manajemen waktu saya
bisa menyelesaikan penulisan ilmiah saya tepat waktu pada semester 6, pada saat
mengejakan penulisan saya membagi waktu untuk mengerjakan laporan labti,
tugas-tugas kuliah dan membagi waktu untuk mengerjakan program yang saya buat
dan mengerjakan penulisannya.Selain pengalaman saya pada semester 1 dan
semester 5, saya tetap menerapkan manajemen waktu pada diri saya sendiri setiap
harinya, seperti membagi waktu bermain dan
waktu tidur. Dan setiap harinya saya menyisihkan waktu untuk menambah informasi
dan menambah skill untuk diri saya sendiri.
0 komentar:
Posting Komentar