Rabu, 20 November 2019

Ringkasan Penulisan Ilmiah

Ringkasan Penulisan Ilmiah

Penulisan Ilmiah yang saya buat berjudul “AUGMENTED REALITY PENGENALAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANAN UNTUK ANAK USIA DINI BERBASIS ANDROID” . Dosen Pembimbing saya yaitu Bapak Remi Senjaya, ST., MMSI. Untuk software yang digunakan untuk merancang aplikasi yang saya buat yaitu blender 3D, Unity, Vuforia, T2S.
Aplikasi yang saya buat membatasi masalah yaitu aplikasi yang dirancang merupakan Augmented Reality berbasis Android, setiap hewan diberi penjelasan singkat melalui suara. Aplikasi ini hanya menampilkan 9 hewan yaitu Anjing, kucing, serigala, kelinci, jerapah, rusa, ayam, bebek, monyet. Didalam aplikasi ini membahas 9 hewan dan Penjelasan hewan karnivora, herbivora, dan omnivora beserta contoh hewannya. Untuk target gambarnya menggunakan gambar hewan yang sudah di print. Sasaran pengguna adalah anak usia dini (3-6 tahun). Aplikasi ini hanya bisa dijalankan pada smartphone android dengan minimal sistem operasi android versi 5.0 (Lolipop).
Untuk Metode yaitu :
1.   Pemilihan Aplikasi
Penulis memilih menggunakan Blender 3D yang memiliki fitur-fitur yang mendukung dan mempermudah penulis untuk membuat model binatang karnivora, herbivora, dan omnivora. T2S untuk merekam suara yang akan digunakan untuk penjelasan tiap  hewan. Vuforia untuk membuat image target serta memilih menggunakan Unity yang dapat membantu penulis untuk mengimplementasikan model binatang  kedalam bentuk Augmented Reality.

2.   Tahap Perencanaan
Tahap ini membuat perencanaan jumlah hewan,dan audioisasi pada hewan hewan yang akan di jadikan object pada Augmented Reality.

3.   Pemodelan
Pada tahap pemodelan ini, penulis membuat berbagai model binatang karnivora, herbivora, dan omnivora yang umumnya diketahui anak-anak.
4.   Implementasi
Pada tahap implementasi ini, penulis akan memasukkan model binatang yang telah dibuat dan mengaturnya agar model-model tersebut dapat dijadikan ke dalam bentuk Augmented Reality.

5.   Uji Coba
Pada tahap uji coba ini, aplikasi akan diuji coba sampai tidak adanya kesalahan saat dijalankan dan sesuai dengan rancangan penulis.

Kelebihan pada aplikasi yang saya  buat adalah tampilannya yang menarik dan mudah untuk digunakanan bagi anak-anak sebagai target utama, kemudian kelebihan lainnya yaitu menggunakan teknologi yang sedang berkembang pesat saat ini yaitu Augmented Reality. untuk sidangnya bisa dibilang agak terlambat dikarenakan pergantian judul sehingga harus menyusun bab 1 dan b 2 yang baru, mencari referensi untuk merancang aplikasi karena  saya mengerjakannya secara otodidak dengan cara melihat youtube atau membaca forum-forum yang berkaitan dengan aplikasi yang saya buat ,terlalu sering revisi pada saat bimbingan.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Labels